INDONESIA IS PROUD TO HAVE PATCHOULI

INDONESIA IS PROUD TO HAVE PATCHOULI

UNIKNYA DAUN NILAM, WANGINYA SEPERTI KAYU-KAYUAN!

Berasal dari Indonesia, India, dan Malaysia, patchouli, atau nilam (Pogostemon cablin) di dalam bahasa Indonesia, adalah sebuah tanaman eksotis yang memiliki profil wangi seperti kayu-kayuan. Di dalam dunia wewangian, nilam merupakan bahan baku yang penting dan tidak tergantikan.

BAGAIMANA CARA MENGOLAH NILAM?

Nilam diolah dengan cara distilasi menggunakan pelarut air, disebut juga hydrodistilation. Sebelumnya, daun nilam di keringkan terlebih dulu; dibutuhkan kira-kira 50 kilogram daun nilam kering untuk memperoleh 1 kilogram minyak esensial (essential oil) nilam. Proses distilasi nilam berlangsung selama 8 - 12 jam.

Saat ini, Indonesia merupakan produsen terbesar minyak esensial nilam; sekitar 90% minyak esensial nilam yang ada di dunia berasal dari Indonesia. Perkebunan nilam di Indonesia berada di daerah Sulawesi, Sumatera, dan Jawa.

WANGI MINYAK ESENSIAL NILAM

Minyak essensial nilam memiliki wangi kayu-kayuan yang cukup intens, disertai dengan wangi tanah (earthy) seperti di hutan tropis dan sedikit sentuhan wangi asap seperti kayu yang dibakar. Selain itu, minyak esensial nilam memiliki wangi yang manis, sehingga bisa mengingatkan kita kepada wangi coklat, minuman beralkohol (liquor), dan licorice (akar manis). Wanginya begitu kompleks dan khas; wajar saja jika minyak essensial nilam banyak digemari oleh para peracik parfum (perfumer).

Di dalam parfum, minyak essensial nilam dapat memberikan sensasi hangat, juga berperan untuk meningkatkan kompleksitas dan ketahanan parfum tersebut ketika dipakai.  Oleh karena karakter wanginya yang kuat, minyak esensial nilam banyak digunakan di dalam parfum-parfum bertemakan kayu, resin, dan rempah. Tidak jarang juga minyak esensial nilam dipadukan dengan bagan baku kayu-kayuan lainnya, seperti dengan minyak esensial kayu cendana dan akar wangi.

Salah satu parfum yang mengandung minyak esensial patchouli adalah Angel dari merek Thierry Mugler. Perfumer Angel, Olivier Cresp, memadukan minyak esensial nilam dengan molekul sintetik ethyl maltol, yang memiliki wangi manis seperti karamel. Pada saat diluncurkan, Angel sangat sukses dan mendunia hingga hari ini. 

Nah, kalau kamu penasaran dengan wangi nilam, kamu bisa mencium dan merasakan efeknya di parfum kami Volcanique. Volcanique memiliki wangi nilam yang cukup kuat, dipadukan dengan wangi iris, bungan melati, kayu cendana, vanilla, dan karamel. Kamu bisa cobain dulu Volcanique di Discovery Set kami, loh.

Jangan ragu untuk komen di bawah post ini atau chat kami kalau kamu punya komentar atau pertanyaan lebih lanjut tentang nilam ataupun parfum kami, ya! Dan boleh banget kalau kamu mau bagikan artikel ini ke media sosial kamu atau ke rekan kamu yang membutuhkan. Jangan lupa tag @etre.parfums dan ikuti kami di Instagram untuk dapetin info terbaru dan edukasi seputar dunia parfum.

Terima kasih dan À bientôt !

Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.