ANOTHER TROPICAL FRUIT IN PERFUMERS PALET. SAY YES TO COCONUT!

ANOTHER TROPICAL FRUIT IN PERFUMERS PALET. SAY YES TO COCONUT!

WHO KNOWS THAT THIS TROPICAL FRUIT IS ACTUALLY USED QUITE A LOT TO MAKE FRAGRANCES?

Untuk kamu yang suka buah kelapa, kabar baik! Selain dimakan buahnya dan diminum airnya, kelapa juga bisa dijadikan bahan di dalam parfum. Tapi, bukan dalam bentuk santan atau minyak kelapa, loh ya, melainkan dalam bentuk accord.

 

APA ITU ACCORD DI DALAM PARFUM?

Accord adalah formula pendek yang diciptakan oleh perfumer untuk menampilkan wangi dan suasana tertentu di dalam parfum. Accord bisa berupa rekonstruksi wangi bahan alam yang sudah ada, misalnya accord bunga mawar, melati, buah semangka, kelapa, kayu cendana, oud, dan lain-lain. Selain itu, accord juga bisa menggambarkan wangi-wangi fantasi, seperti accord bubble bath, wangi hujan, hutan tropis, dan lain-lain.

Nah, ada beberapa bahan alam yang memiliki wangi yang menarik, tapi sayangnya tidak dapat diekstrak menjadi minyak essensial untuk parfum. Dalam kasus seperti ini, perfumer membuat wangi tersebut menggunakan berbagai macam bahan baku parfum yang ada, sehingga terbentuklah sebuah accord. Misalnya, di dalam Libre d’Esprit terdapat accord semangka dan accord kelapa.

 

BAGAIMANA WANGI ACCORD KELAPA?

Melalui accord kelapa, kita bisa langsung membayangkan daging buahnya yang lembut dan airnya yang segar dan manis. Wanginya bisa mengingatkan kita pada aroma ketika memakan buah kelapa aslinya, atau bahkan makanan-makanan yang mengandung kelapa: creamy, milky, manis, dengan sedikit sentuhan savory (asin). Kelembutannya bisa memberikan rasa hangat dan nyaman kedalam parfum, bahkan sensual.

Accord kelapa banyak dipakai di parfum bertemakan floral (bunga) dan fruity (buah). Bunga yang biasanya dipadukan dengan accord kelapa adalah melati, sedap malam, gardenia; jenis-jenis bunga putih. Accord kelapa juga cocok sekali dipadukan dengan buah aprikot, persik (peach), dan ara (fig).

 

PARFUM DENGAN ACCORD KELAPA
Aqua Allegoria Coconut Fizz (Guerlain) adalah salah satu contoh parfum yang menggunakan accord kelapa di dalam formulanya. Wanginya segar tapi juga creamy, membuatnya sangat menarik untuk dipakai di suasana panas ataupun dingin. Selain itu, parfum Phylosykos (Diptyque) juga memiliki accord kelapa yang dipadukan dengan accord fig, membuatnya jadi fruity, green, dan creamy. Adakah parfum dengan accord kelapa lainnya yang kamu suka?

Silahkan tulis ide-ide kamu mengenai wangi kelapa di kolom komentar. Siapa tau kami bisa merealisasikannya di masa mendatang #fingerscrossed! Untuk saat ini, kamu bisa menikmati wangi kelapa yang dipadukan dengan segarnya wangi semangka di dalam parfum kami, Libre d’Esprit.

Kalau kamu suka dengan artikel seperti ini, kamu bisa dapatkan artikel-artikel seputar bahan baku parfum lainnya di halaman ini. Kamu juga bisa subscribe newsletter kami supaya dapat update artikel baru.

Sampai jumpa di artikel kami berikutnya!
Back to blog

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.